MIKROPENIS (LAPORAN KASUS)
Kamis, 29 November 2012 - 19:38:39 WIB
Kategori: Ilmiah | Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 476053 kali

Pertanyaan pertama yang sering ditanyakan orangtua setelah anaknya lahir adalah jenis kelaminnya dan tentu berikutnya apakah  normal, lengkap ataukan ada kelainan.

Khususnya anak laki-laki, ada beberapa kelainan alat kelamin yang perlu diketahui orang tua, di antaranya adalah ukuran penis yang kecil, disebut mikropenis. Seberapa sering dan apakah bisa diobati?

Kecilnya ukuran alat kelamin anak laki-laki sering merisaukan orangtua.  Padahal untuk memastikan normal atau tidaknya ukuran penis baru bisa diketahui dengan pengukuran yang benar.

dr. Herbert melaporkan kasus seorang anak laki-laki usia 10 tahun dengan ukuran penis kurang dari persentil normal. Diskusi hangat terjadi terutama pembahasan mengenai algoritme diagnosis dan pentalaksanaan. Bertindak sebagai moderator adalah dr. Rismarini, SpA(K) dan penilai dr. Ria Nova, SpA(K). Selaku pembimbing, dr. Aditiawati, SpA(K) menjelaskan panjang lebar mengenai mikropenis mulai dari aspek klinis, hormonal sampai dampak psikososial yang dapat dialami penderita bahkan di usia yang masih dini.

 



0 Komentar :