Adaptasi Dokter

Adaptasi Dokter Spesialis Anak Luar Negri

1. Penerimaan Adaptasi

Dokter spesialis anak lulusan luar negeri dapat melamar sebagai peserta program pada PS IKA PPDS FK Unsri untuk menjalani adaptasi setelah menjalani proses sebagai berikut dibawah ini:

1.1. Peryaratan Administrasi dan akademik

a. Keabsahan ijazah yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional RI.

b. Kelayakan untuk mengikuti adaptasi setelah dilakukan pengkajian kurikulum pendidikan yang dilakukan oleh Konsil Kedokteran Indonesia dengan meminta pendapat dari Pengurus Harian Kolegium Ilmu Kesehatan Anak.

c. Pengkajian kurikulum pendidikan oleh PPDS FK Unsri melalui PS IKA PPDS FK Unsri.

d. Pemberitahuan oleh Konsil Kedokteran kepada Dekan FK Unsri setelah mendapat hasil kajian dari PPDS FK Unsri dan Pengurus Harian Kolegium Ilmu Kesehatan Anak dengan melampirkan:

e. Ijazah SpA luar negeri yang telah disahkan oleh Depdiknas RI.

f. Persetujuan Konsil Kedokteran Indonesia untuk menjalani adaptasi.

g. Rangkuman proses belajar mengajar dan latihan kerja yang dijalan dalam mendapatkan ijazah SpA di luar negeri.

h. Transkrip ijazah SpA luar negeri.

1.2. Peryaratan Magister Kesehatan BKU IKA

a. Harus memenuhi persyaratan beban kredit Magister Kesehatan (BKU IKA) berdasarkan transkrips.

b. Harus mengikuti program Magister Kesehatan BKU IKA sesuai dengan syarat yang diwajibkan dari PPDS IKA FK Unsri

Berkas lamaran untuk adapatasi dokter lulusan luar negeri tersebut diterima oleh Dekan FK melalui Rektor Unsri dan diteruskan ke PS IKA melalui PPDS FK Unsri untuk diteliti kalaikan persyaratannya. Sesuai dengan daya tampung pada semester tersebut serta kelaikan persyaratan administrasi pelamar dapat diterima atau ditolak. Pelamar yang diterima akan dilakukan seleksi berikutnya.

2. Seleksi

Pelamar akan diwawancarai untuk menetapkan perkiraan lama belajar dan proses belajar mengajar yang akan dijalani, jika disepakati, pelamar akan diterima untuk menjalani adaptasi.

3. Pelaksanaan Pendidikan

3.1. Kegiatan Akademik

Mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan dan tugas-tugas yang berhubungan dengan kegiatan akademik bagi yang belum memenuhi persyaratan 1b diatas.

3.2. Pelatihan Keprofesian

Pelaksanaan adaptasi ditujukan untuk mencapai kesesuaian kemampuan professional peserta adaptasi sedekat mungkin dengan kemampuan professional lulusan PS IKA FK Unsri. Pelaksanaannya diatur oleh KPS dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a. Pengenalan tahapan kemampuan kurikulum

b. Pengenalan tata nilai etik, moral dan professional

c. Pelaksanaan sumpah dokter (bagi yang belum melakukannya)

d. Penyesuaian tata kerja dalam lingkungan rumah sakit pendidikan.

e. Pentahapan dalam penugasan pendidikan dilakukan untuk:

f. kemudahan proses penyesuaian diri

g. kemudahan pengenalan istilah secara baik dan benar

h. kemudahan penyesuaian tata kerja dengan keadaan

i. kemudahan pergaulan profesi secara tertib dan sopan

j. Penyelenggaraan penilaian dilakukan untuk

k. kajian proses penyesuaian

l. kajian kesukaran yang harus diselesaikan

m. kajian penguasaan teori dan praktek

n. kajian kemampuan peningkatan secara bertahap

Pada umumnya masa adaptasi SpA lulusan luar negeri berlangsung antara 12-24 bulan. Dimulai setelah menjalani masa orientasi 2 bulan, ditetapkan proses belajar mengajar secara definitif. Proses belajar mengajar sama dengan peserta program regular, didasarkan pada latihan kerja. Ada rotasi yang dihilangkan sesuai dengan hasil penilaian transkrip dan kompetensi yang telah didapat.

4. Evaluasi

Pola evaluasi sama dengan peserta program regular, didasarkan penilaian Subbagian sesuai dengan rotasi latihan kerja. Terhadap peserta dilakukan evaluasi setara dengan peserta program regular tahap senior. Peserta adaptasi yang lulus diharuskan mengikuti evaluasi nasional.

5. Pembiayaan Adaptasi

Peserta adaptasi dikenakan biaya sama dengan peserta program regular yang lainnya, seperti SPP, TPP dan biaya administrasi lainnya. Tertundanya biaya adaptasi ini menyebabkan penghentian proses pendidikan adaptasi dan peserta dikembalikan ke PPDS. Dekan FK melalui Rektor Unsri mengembalikan peserta program adaptasi ke Konsil Kedokteran Indonesia melalui Kolegium Ilmu Kesehatan Anak.

6. Penyelesaian Pendidikan

6.1. Penghentian sebelum lulus

Peserta program dapat menghentikan adaptasi atas permintaan sendiri atau diberhentikan oleh PS IKA PPDS FK Unsri , sejalan dengan persyaratan yang berlaku pada peserta program regular.

6.2. Menyelesaikan sampai lulus

Penyelesaian pendidikan peserta program adaptasi didasarkan pada hasil evaluasi nasional. Peserta yang lulus evaluasi nasional diberikan sertifikat bahwa telah mengikuti adaptasi di PS IKA PPDS FK Unsri oleh Rektor Universitas Sriwijaya.