PKB VIII IDAI 2016 Update on Daily Children Clinical Practice

Tidak dipungkiri lagi bahwa seiring dengan makin pesatnya perkembangan ilmu kedokteran, klinisi professional yang ahli  dibidangnya makin diperlukan. Pelayanan kesehatan mulai dari fasilitas primer hingga pusat rujukan (rumah sakit) harus senantiasa lebih ditingkatkan mutu kinerja, terlebih di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memberlakukan sistem pelayanan kesehatan berjenjang.

Wacana nasional mengenai Masyarakat Ekonomi Asean mengindikasikan bahwa Indonesia harus siap dengan globalisasi kesehatan dan bersaing dengan tenaga asing dengan standar, kualitas dan mutu internasional. Hal ini setidaknya menimbulkan bagian-bagian strategis yang bertujuan agar Negara lebih dapat membangun, mencerdaskan dan menjaga bangsa Indonesia dari efek luar. Hal itu salah satunya dengan terus meningkatkan potensi sumber daya manusianya.

Kiprah dokter spesialis anak sebagai salah satu sumber daya manusia dibidang kesehatan juga perlu diperluas dan diperbaharui demi menyelesaikan masalah kesehatan anak-anak Indonesia. Dengan berkembangnya ilmu pengetahan, cara-cara sederhana dan paktis dalam mendeteksi penyakit anak lebih dipertimbangkan dan dapat dilakukan terutama di tempat dengan sarana dan pasarana terbatas. Sehingga, penguasaan terhadap pengenalan tanda, gejala, penegakan diagnosis dan penatalaksanaan komprehensif dapat lebih ditingkatkan.

Berdasarkan hal tersebut, maka Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Sumatera Selatan-Dept. Kesehatan Anak FK UNSRI/RSMH sebagai salah satu organisasi profesi yang bertanggung jawab langsung terhadap berbagai permasalahan kesehatan anak, merasa perlu untuk berbagi hal-hal update melalui Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) VIII sebagai kegiatan rutin tahunan, yang kali ini mengusung tema “Update on Daily Children Clinical Practice” sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan khasanah pengetahuan sekaligus kompetensi para peserta dalam tatalaksana terkini penyakit pada anak secara komprehensif yang dijumpai pada praktik sehari-hari.