Struktur dan Personalia

Organisasi Penyelengara

Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak (PPDSA) FK Unsri diketuai oleh seorang Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan Anak (KPS-IKA) dibantu oleh seorang Sekretaris PS (SPS). KPS dan SPS diangkat melalui surat keputusan Rektor Unsri yang diusulkan oleh Dekan FK Unsri setelah mendengar usulan/ pertimbangan seluruh staf di BIKA FK Unsri.

Secara hirarkis Program Studi (PS) IKA dikoordinir oleh PPDS FK Unsri . PPDS FK Unsri dipimpin oleh seorang Ketua dan dibantu sekretariat. Ketua diangkat melalui surat keputusan Rektor Unsri atas usul Dekan FK Unsri setelah mendapat pertimbangan dari Direktur RSUP-MH (Rumah Sakit Moh.Hoesin) Palembang. PPDS FK Unsri bertanggung jawab kepada Dekan FK Unsri dan selanjutnya Dekan bertanggung jawab kepada Rektor Unsri.

Secara operasional kegiatan PPDSA dikendalikan oleh KPS berkoordinasi dengan Ketua BIKA FK Unsri. Secara administrasi KPS bertanggung jawab kepada Dekan melalui Ketua BIKA. Dalam melaksanakan kegiatannya, khususnya S2 Magister Biomedik BKU IKA, PS IKA berkoordinasi dengan PSBM BKU IKA PPS Unsri. Seluruh peserta didik PPDSA diangkat sebagai dokter yang dipekerjakan di RSUP-MH Palembang. Sejalan dengan strategi ini dan sejalan dengan “Tata Kerjasama RSMH Palembang dengan FK Unsri” , Direktur Utama RSMH Palembang ikut mengawasi peserta didik.

1. Organisasi Program Studi 

Kegiatan PPDSA diintegrasikan dengan kegiatan Departemen Anak RSMH Palembang dan BIKA Unsri, sehingga pengorganisasian PPDSA sangat tergantung kepada pengorganisasian Departeen Anak dan BIKA. Dalam struktur organisasi RSMH Palmbang, Ketua Departemen Anak mempunyai garis komandi dengan koordinator pelayanan, koordinator penelitian, dan koordinator pendidikan (kordik). Pada departemen yang mempunyai pendidkan dokter spesialis, kordik bertindak sekaligus sebagai KPS.

Ketu Departemen Anak secara langsug diangkat sebagai KEtua BIKA FK Unsri. Staf Departemen Anak RSMH Palembang sekaligus diangkat oleh Dekan FK Unsri sebagai staf pengajar di PPDSA FK Unsri. KPS IKA berkoordinasi dengan Ketua BIKA dalam melaksanakan kegiatannya dan secara administrasi bertanggung jawab langsung kepada dekan melalui ketua BIKA.

2. Personalia

Personalia Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK Unsri Per tanggal 01 Juli 2014 adalah:

Ketua Bagian    : Yusmala Helmy, dr, SpA (K)

Ketua Program Studi : Aditiawati, dr, SpA (K)

Sektretaris Program Studi : Julius Anzar, dr, SpA (K)

Koordinator Pendidikan Tahapan Senior : Yulia Iriani, dr, SpA (K)

Koordinator Pendidikan Tahapan Madya : Afifa Ramadanti, dr, SpA (K)

Koordinator Pendidikan Tahapan Junior : Indrayady, dr, SpA

3. Penasehat/Pembimbing Akademik

Penasehat akademik adalah pengajar tetap dari salah satu staf di bagian ilmu kesehatan anak FK Unsri- RSMH yang ditugasi tanggung jawab untuk memantau kelancaran dan keberhasilan pendidikan seorang peserta dalam hal

  • Memantau keteraturan proses pembelajaran peserta
  • Memantau hasil pembelajaran peserta
  • Mencari penyebab kurangnya kinerja belajar peserta atau prestasi yang tidak memuaskan dan menyarankan jalan keluar atau perbaikannya
  • Memberikan peringatan dan bimbingan kepada peserta yang menjadi tanggung jawabnya bila kinerja peserta memberikan tanda tanda yang tidak memuaskan


Selambat lambatnya pada pertengahan semester 1 peserta didik diharapkan sudah mempunyai penasehat akademik